Tentang Lombok



Lombok merupakan sebuah kepulauan suda kecil atau nusa tenggara yang terpisah dengan Bali oleh Selat Lombok sebelah barat dan Sumbawa oleh Selat Alas di sebelah timur, dengan penduduk kurang lebih tiga juta jiwa. Lombok di huni oleh berbagai macam suku, baik suku asli yaitu Suku Sasak dan suku Pendatang yaitu Bali, Jawa, Sumbawa, Bima, Arab dan Cina. Pulau ini terdiri dari empat kabupaten (Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara) dan satu kota madya (Kota Madya Mataram). Bahasa kesaharian yang di gunakan sebagian besar penduduk aslinya menggunakan Bahasa Sasak serta sebagian menggunaan Bahasa Indonesia, itulah sekilas tentang Lombok.

Pulau ini menyajikan beragam keindahan di berbagai sisi seperti Laut dengan mengandalkan pesisir pantai yang terbentang luas pada setiap sudut pulau menampilkan keindahan pasir putih, kejernihan airnya dan pesona keindahan gili – gili yang terletak di sekeliling Lombok, dimana menjadi sihir tersendiri mengundang para wisatawan domestik maupun internasional untuk berkunjung. Untuk sisi lainnya dari Alam mengandalkan keindahan Gunung Merapi Rinjani yang menjadi barometer untuk para pecinta trekking, dari sisi makanan Lombok juga tidak kalah dengan daerah lain yang memiliki makanan khas diantaranya pelecing kangkung, ayam taliwang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wisata Pantai

Pantai Kuta Lombok
Dari namanya kebanyakan orang yang belum pernah ke Lombok hanya tau Kuta ada di Bali saja namun di Lombok juga ada pantai dengan nama yang sama, Pantai pasir putih yang dengan bentuk pasirnya menyeruai biji merica, pantai ini terletak  di kawasan Lombok tengah bagian selatan dapat di tempuh sekitar setengah jam perjalanan dengan kendaraan dari Bandara International Lombok. Nilai seuatu keindahan pasir putih dan pesona pantainya yang dikelilingi perbukitan kecil disekitarnya  sehingga banyak wisatawan yang datang kesini sekedar untuk menikmati keindahan atau menghilangkan penat. Penduduk di lokasi pantai ini memiliki kisah sejarah seorang Putri dengan kecaniaknnya tersohor hingga ke penjuru nusantara yang bernama Putri Mandalika, oleh karena itu juga pantai ini seing di sebut juga Pantai Putri Mandalika atau Pantai Putri Nyale. Putri Nyale didapat dari sebuah legenda cerita masyarakat sekitar tentang sang Putri yang rela menceburkan dirinya ke laut agar tidak tejadi peperangan untuk merebutkannya sebagai pendamping para pangeran di setiap kerajaan. Konon kisahnya sang putri menceburkan diri ke laut hingga berubah menjadi nyale atau cacing laut yang hingga kini masih dipercaya itu sebagai perwujudannya. Untuk memeperingati pengorbanan mendiang sang Putri, hanya disekitaran pantai ini juga di lakukan event tiap setahun sekali yaitu diantara bulan Februari hingga Maret tiap tahuunnya yang di sebut dengan event “Bau Nyale” atau dalam bahasa Indonesia “Tangkap Nyale/Cacing laut”. Nyale atau cacing pantai ini muncul hanya setahun sekali, di tagkap kemudian dijadikan kudapan dengan rasa yang lezat, itu kata yang pernah mencoba (maklum belum pernah nyoba… hehee). Lokasi disekitarnya juga banyak di bangun penginapan dengan fasiitas dari yang berkelas backpacker hingga executive atau dengan kata lain home stay hingga hotel berbintang.

Pantai Tanjung Aan
Keindahan panorama pantai dapat anda lihat disini, pantai yang masih berada dalam satu kawasan dengan pantai pantai kuta namun memiliki nilai keunikan yang berbeda yaitu dua bilah sisi pantainya yang memiliki dua jenis pasir yang berbeda. Dua sisi pantainya di pisahkan oleh gundukan bukit kecil yang menjorok ke laut dimana para wisatawan sering menggambil gambar dari atas bukit dengan mengambil latar belakang pesisir panai maupun kelaut dengan keindahan serta keunikan bentuk perbukitan sekitarnya. Dari tempat ini juga bisa menyaksikan keindahan matahari tebenam disore hari namun terkadang semakin sore angin laut semakin kencang berhembus.

Pantai Mawun dan Selong Belanak
Masih dari satu kawasan di pesisir pantai Lombok Tengah bagian selatan menyimpan banyak keindahan pantai salah satunya pantai mawun dan selong belanak ini, dengan keindahan pantainya pula dua pantai ini menyihir para wisatawan untuk mendatanginya. Melengkapi wsiata anda dan pengetahuan anda, tidak ada salahnya anda juga harus mengunjungi pantai ini.

Pantai Senggigi
Lokasi pantai yang paling pertama sebagai tujuan para wisatawan dari dulu yaitu pantai ini, sejak pertama dunia pariwisata mulai menggaung di lokasi pantai ini yang paling berbenah dari segi fasilitas penginapan, hiburan maupun restaurant dan konsepnyapun menyerupai salah satu pantai dari kiblat pariwisata Indonesia sejak dulu yaitu Bali. Meskipun Bandara berpindah semakin jauh, itu tidak membuat lokasi pantai ini semakin berbenah dari segi akses maupun fasilitasnya. Di Senggigi para wisatawan dapat menjumpai fasilitas penginapan dari kelas home stay sampai hotel berbintang yang semakin kesini semakin mengembangkan diri mereka. Fasilitas hotelnya pun tidak hanya berpatok pada sebuah kensep resort semata, sekarang sudah mulai berkembang dengan menyediakan fasilitas tempat meeting, acara pernikahan maupun event lainnya. Hotel-hotel dilokasi ini menjadi tempat tujuan utama para wisatawan untuk bermalam dikarenakan lokasinya yang dekat dengan Kota Mataram dan menuju beberapa objek wisata lainnya yang terkenal.  Di lokasi ini adalah dunia malamnya Lombok yang banyak pula menyediakan tempat hiburan dari Café live music hingga diskitik yang setiap bulannya mendatangkan artis-artis terkenal seindonesia.

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply